Kendali Program Aplikasi

Setelah mengetahui tentang penulisan program dalam Visual Basic, sekarang kita akan mempelajari tentang struktur kendali program. Struktur kendali program mempunyai peranan yang sangat penting dan akan sering kita gunakan dalam membuat suatu program. Berikut penjelasan dan pemahaman dari saya dengan referensi dari berbagai buku dan sumber informasi.

STRUKTUR KENDALI IF

Struktur Kendali memegang peranan yang sangat penting dalam pembuatan program dengan komputer, tanpa adanya struktur kendali kita hanya dapat membuat program yang sederhana dimana prosesnya hanya dijalankan dari baris pertama sampai selesai. Pada kasus-kasus tertentu, ada kalanya baris tertentu tidak boleh dilaksanakan apabila kondisi tidak dipenuhi, ataupun baris-baris tertentu harus diulang sampai suatu kondisi terpenuhi.

PERNYATAAN BERSYARAT
Salah satu kemampuan komputer adalah dapat melakukan proses pemilihan dari beberapa alternatif sesuai dengan kondisi yang diberikan.

Penulisan Pernyataan bersyarat :
1. sebuah ekspresi
If [ekspresi logika] Then
Aksi
...
End If

Berfungsi menentukan apakah kondisi (ekspresi logika) memenuhi syarat untuk melaksanakan Statement-Statement yang di samping IF Then ataupun berada dalam Block IF Then-End If.
Contoh :
x=3
If x<10 x =" x" x =" x" x =" 3)" x="3" x =" x" x =" x" x="3)" x="3" x =" x" x =" 10" x =" x"> 2 Then
x = x + 3
Else
x = 0
End If

Selain itu bila kondisi bertipe ordinal, seperti integer, byte taupun yang lain bisa digunakan pernyataan dibawah ini :

Select Case Variabel
Case [ekspresi 1]
Aksi1
...
Case [ekspresi 2]
Aksi2
...
...
Case Else
...
End Select

Contoh :

Select Case x
Case < x =" +2" case =" 10" x =" x"> 2
x = x +3
Case ELSE
x = 0
End Select

Contoh Lain :

Hari = 3

Select Case Hari
Case 1
Debug.Print "Senin"
Case 2
Debug.Print "Selasa"
Case 3
Debug.Print "Rabu"
Case 4
Debug.Print "Kamis"
Case 5
Debug.Print "Jumat"
Case 6
Debug.Print "Sabtu"
Case 7
Debug.Print "Minggu"
Case Else
Debug.Print "Itu Hari apa ya?"
End Select

Tidak ada komentar:

About the author

Lahir pada 11 Oktober 1986, penulis menghabiskan masa remaja di kota Jogja.Setelah lulus dari SMAN 1 Sewon Bantul tahun 2005, penulis melanjutkan studi di jurusan Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta hingga sekarang.Penulis mengenal Visual Basic pada waktu duduk di bangku SMA.Walaupun masih dangkal di dalam pemrograman menggunakan Visual Basic,namun penulis berharap ilmunya masih dapat bermanfaat.