Sebelum kita memulai membuat sebuah program aplikasi, ada baiknya kita mengetahui dan memahapi etika dan tata cara penulisan program. Berikut akan saya sampaikan sedikit mengenai penulisan program dalam bahasa Quick Basic. Semoga membantu.
PENULISAN PROGRAM
Setiap penulisan program, kita pasti menggunakan beberpa teknik penulisan program. Unsur-unsur yang ada dalam setiap program adalah :
- Literal
yaitu teks atau angka yang digunakan dalam program. Literal berbentuk teks (string) yang selalu diawali dan diakhiri dengan tanda kutip ganda ("), sedangkan literal yang berbentuk angka tidak diawali dengan tanda (").
contoh :
ketikkan listing ini ke dalam Immediate Window (Ctrl + G) dan lihat hasilnya
* Debug.Print "Hello"
Debug.Print 100
bagaimana jika baris ke dua kita tulis menjadi :
Debug.Print "100"
penggantian di atas tidak akan berpengaruh pada outputnya, namun jika sudah terdapat operasi aritmatika maka kita tidak perlu menggunakan tanda kutip ("). Sekarang coba ketikkan listing dibawah ini dan bandingkan hasilnya :
Debug.Print 100 * 10
Debug.Print "100 * 10"
Debug.Print "100" * 10
Debug.Print Hello
Debug.Print "Hello" * 10
Debug.Print "Hello" &10
Debug.Print "Hello" & 10
itulah fungsi Literal.
- Konstanta
Literal berguna untuk menuliskan angka atau teks secara langsung pada program. Namun apabila kita ingin menggunakan angka atau teks tersebut berulang kali dalam program tersebut, apakah kita harus menuliskannya berulang kali? Tentu tidak, maka lebih baik kita membuat konstanta agar kita tidak perlu bersusah payah menuliskan angka atau teks tersebut berulang kali.
Konstanta adalah suatu nilai (tetapan) yang tidak dapat berubah selama program berjalan. Konstanta harus dideklarasikan (dituliskan) dan tidak dapat diketikkan pada Immediate Window seperti literal, kita harus mengetikkannya pada View Code.
contoh :
Tekan F7 pada keyboard Anda untuk menampilkan jendela View Code kemudian ketikkan listing dibawah ini pada General Declaration
Const X = "Ini adalah konstanta buatanku..."
Const Y = "Ini juga konstanta buatanku..."
kemudian pada Form Load kita tampilkan isi dari konstanta tersebut :
Private Sub Form_Load()
Debug.Print X
Debug.Print Y
Debug.Print X
Debug.Print X
End Sub
(Kita tidak perlu menuliskan Private Sub Form_Load(), dengan memilih Form pada combo box sebelah kiri dalam Jendela View Code kemudian secara otomatis combo box sebelah kanan menyorot pilihan Load, Anda dapat mengganti prosedur lain pada form (maupun kontrol lain) dengan memilih pilihan pada combo box sebelah kanan)
setelah diketikkan dalam Code, tekan F5 pada keyboard Anda atau pilih menu Run -> Start dan amati pada jendela Immediate Window. Itulah contoh penggunaan konstanta ! Mudah bukan ?
- Jenis Data / Tipe Data
Tiap data pasti memiliki tipe data, di dalam Visual Basic 6.0 terdapat 11 tipe data yang sering digunakan. Berikut daftar jenis data sederhana dalam VB 6 :
* Byte 0 - 255
* Boolean True / False
* Integer -32.768 s/d 32.767
* Long -2.147.483.648 s/d 2.147.483.647
* Single -3,402823 x 10e3 s/d -1,401298 x 10e45 untuk nilai negatif
1,401298 x 10e-45 s/d 3,402823 x 10e-3 untuk nilai positif
* Double -1,79 x 10e308 s/d -4,94 x 10e-342 untuk nilai negatif
4,94 x 10e-342 s/d 1,79 x 10e308 untuk nilai posisitf
* Currency -922.337.203.685.477.5808 s/d 922.337.203.685.477.5807
* Decimal +/-79.228.162.514.264.337.593.453.950.335 tanpa angka dibelakang (,) / desimal
+/-7,9228162514264337593453950335 dengan 28 angka dibelakang (,) / desimal, Angka bukan nol, yang terkecil adalah +/-10e-28
* Date 1 Januari 100 s/d 31 Desember 9999
* String 0 s/d kira-kira 2 milyar karakter
* Variant gabungan angka dan string
Kita harus menggunakan jenis data yang tepat dalam penulisan program. Kita harus melihat penggunaan tipe data dengan melihat nilai maksimum dan minimum yang dapat ditampung (contoh tipe data yang jelas penggunaannya adalah Boolean), seperti pemilihan Long dan Integer. Bila kita tidak tepat menggunakannya, bisa jadi terdapat pesan error saat kita meng-compile nya (jika dimasukkan angka >32.000 maka tidak mungkin kita menggunakan tipe data Integer tetapi lebih baik Long karena range nya lebih tinggi)
- Variabel
yaitu mekanisme yang membuat komputer menghemat waktu untuk melakukan penghitungan. Variabel adalah memori yang digunakan oleh komputer untuk menyimpan nilai-nilai yang dipakai dalam perhitungan yang dilakukannya.
Ada 2 jenis variabel, yaitu variabel accumulator dan storage. Variabel accumulator akan menyimpan nilai-nilai yang dimasukkan untuk kemudian dijumlahkan, sedangkan variabel storage akan menyimpan nilai-nilai yang nantinya dapat dipanggil kembali
contoh :
keluarkan kembali jendela Code (F7) dan tambahkan listing pada latihan konstanta tadi sehingga menjadi seperti ini :
Const X = "Ini adalah konstanta buatanku..."
Const Y = "Ini juga konstanta buatanku..."
Dim A as String
Dim B as String
kemudian pada Form Load kita tampilkan isi dari konstanta tersebut :
Private Sub Form_Load()
A = X
B = Y
Debug.Print A
Debug.Print B
Debug.Print A
Debug.Print B
End Sub
Bagaimana hasilnya?
- Operator
VB 6 menyediakan 3 jenis operator, yaitu operator aritmatika, operator perbandingan dan operator logika.
1) Operator Aritmatika
^ Pangkat
- Negatif / kurang
* Kali
/ Bagi
\ Pembagian integer ( disertai pembulatan nilai hasil )
Mod Modulus / sisa bagi
+ Tambah / penggabungan string
& penggabungan string
2) Operator Perbandingan
= sama dengan
<> tidak sama dengan
<> lebih dari
<= kurang dari atau sama dengan >= lebih dari atau sama dengan
Like seperti
LS Referensi obyek
3) Operator Logika
Not tidak
and dan
or atau
Xor Exclusive Or
Eqv equivalen
imp implikasi
Sekian dulu sedikit penjelasan dari saya. Semoga dapat banyak membantu. Bila ada pertanyaan, mohon reply atau hubungi e-mail saya, insyaallah akan saya carikan solusi dari pertanyaan Anda.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
mAs AkU PgEn bLaJaR VB tApI GaK BiSa . . .
bIsA T5oLoNg bAnTuIn gAk mAs???
pLiiiZ YaW MaZ. . .
Posting Komentar